Bisnis merupakan salah satu bidang usaha yang memiliki begitu banyak elemen menuntut para pelakunya untuk terus konsen dengan apa yang ingin mereka raih. Buat para pebisnis yang sudah duluan paham dengan alur bisnis, tentu hadirnya para kompetitor tidak akan menjadi masalah untuk jalannya perusahaan ataupun bisnis mereka. Namun, berbeda cerita kalau Anda masih pemula dalam dunia bisnis. Tentu Anda memperlukan banyak hal untuk menunjang usaha ataupun bisnis yang dijalankan sesuai rencana.

Salah satu elemen bisnis adalah studi kelayakan. Banyak sekali para pendapat ahli mengenai elemen bisnis yang satu ini. Faktor tersebut membuktikan bahwa elemen bisnis yang satu ini tidak kalah berguna untuk sebuah perusahaan ataupun bisnis. Inti dari studi kelayakan adalah penelitan yang mendalam akan sebuah gagasan, untuk menunjukan apakah gagasan tersebut layak dijalankan ataupun tidak. Nah, dari pengertian singkat di atas tentu Anda sudah memiliki gambaran tersendiri mengenai seberapa perlunya studi kelayakan dilakukan untuk sebuah usaha.

Apalagi sekarang zaman sudah semakin canggih, teknologi komunikasi tumbuh dengan begitu menakjubkan hingga memperngaruhi hampir semua bidang kehidupan. Termasuk di dalamnya adalah bidang ekonomi. Para pebisnis muda bermunculan dengan berbagai produknya. Mereka begitu lincah memanfaatkan teknologi yang membuat bisnis baru mereka dikenal dan digandrungi konsumen. Perubahan besar-besar ini tentu menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi Anda yang memang bukan hanya siap dengan modal finansial, tetapi sudah siap secara mental. Kenapa? Karena seperti Anda ketahui, bisnis bukan hanya sekedar jalan dan menghasilkan banyak uang. Tetapi, bisnis memililki tingkat yang lebih tinggi untuk para pelakunya dalam melangkah ketahap berikutnya. Itu kenapa kemudaian muncul berbagai pelajaran mengenai bisnis. Seperti, marketing , produksi, studi kelayakan, managemen bisnis, komunikasi pemasaran, perencanaan dan lainnya.

 

Manfaat Studi Kelayakan

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa studi kelayakan memiliki value yang penting untuk sebuah usaha. Hal tersebut terlihat dari proses ini dilakukan sebelum sebuah bisnis dijalankan. Inilah prediksi ataupun ramalan untuk sebuah bisnis yang masih dalam bentuk gagasan. Fakta tersebut tentu memberikan penekanan bahwa studi kelayakan layak dan harus dijalankan oleh setiap perusahaan ataupun siapapun yang ingin berkecimpung di dunia bisnis. Nah, berikut terdapat beberapa hal mengenai manfaat studi kelayakan yang harus Anda ketahui.

Meminimumkan resiko kerugian

Mempermudah perencanaan

Memudahkan pelaksanaan bisnis

Memudahkan pengawasan

Memudahkan pengendalian


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *