Para investor biasanya melakukan investasi untuk sebuah pengembangan bisnis, maka dari itu perlunya studi kelayakan pembangunan pabrik. Agar para investor bisa percaya dan melakukan investasi pada pabrik yang akan dibangun. Suatu pabrik bisa dibangun jika adanya kelayakan, mulai dari modal, bahan bangunan, desain, dan isinya. Pabrik juga tidak bisa asal-asalan dibangun, hal tersebut mempunyai ketentuan yang harus disetujui oleh para pelaku usaha misalnya dengan menyetujui UU cipta kerja. UU cipta kerja diciptakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat agar bisa mendapatkan pekerjaan di industry tertentu, dengan begitu studi kelayakan pembangunan pabrik akan mudah mendapat persetujuan izin pembangunan dari masyarakat sekitar.

Syarat Studi Kelayakan Pembangunan Pabrik

Untuk membangun sebuah industri, Anda harus memenuhi syarat-syarat tertentu agar bisa mencapai kelayakannya, berikut merupakan syarat-syarat yang harus diperhatikan untuk menjadi pertimbangan dalam studi kelayakan pembangunan pabrik :

  1. Menyusun Rencana Anggaran

Tentu saja, hal yang wajib diperhatikan untuk membangun bangunan tertentu adalah anggaran, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun anggaran belanja yang dibutuhkan untuk membangun suatu industry. Contohnya seperti berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli semen dan besi, berapa orang yang dibutuhkan untuk ikut serta dalam membangun, dan pabrik jenis apa yang ingin dibangun, agar memungkinkan juga pembelian alat-alat didalamnya.

  1. Desain Engineering

Yang telah kita ketahui bersama, bahwa Industri merupakan bangunan yang cukup besar, hal ini membuat kita memerlukan desain engineering untuk mengatur bangunan sedemikian rupa agar studi kelayakan pembangunan pabrik bisa terpenuhi.

Desain Engineering juga bisa sangat membantu Anda dalam menentukan model seperti apa yang diinginkan, dan tentu saja akan membuat banyak orang yang akan bekerja nanti menjadi nyaman saat ada didalam industry tersebut.

  1. Memilih Vendor

Studi kelayakan pembangunan pabrik bukan hanya diukur dari bahan-bahannya saja tapi juga pemilihan vendor yang baik, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi hasil dari bangunan itu sendiri. Jangan asal-asalan dalam memilih vendor agar menjadi layak. Dengan memilih vendor yang baik, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan kelayakan dalam pembangunan pabrik, dan industry tersebut juga bisa langsung digunakan untuk memproduksi sesuatu dengan memberikan kenyamanan kepada para pekerja. Beberapa komponen diatas harus benar-benar diperhatikan, mengingat industry adalah tempat yang menampung banyak orang untuk bekerja jadi kelayakan bangunan sangat diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tujuan dari penelitiannya ini adalah untuk menganalisis kelayakan non finansial dalam pembangunan industry, dan juga menganalisis kelayakan investasi oleh para investor yang ingin menanamkan modalnya disini. Analisis yang digunakan adalah dengan menentukan bahan-bahan pembuatan bangunan, sumber daya manusia serta hukum tata Negara yang berlaku oleh para pelaku usaha. Dengan begitu studi kelayakan pembangunan pabrik akan terlaksana dengan baik.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *