Lingkup Pekerjaan Feasibility Study Dalam Berbagai Bidang

Dalam studi kelayakan, nantinya ada beberapa aspek yang bakal diperhatikan. Tentu saja menentukan apakah suatu bisnis yang mau Anda jalankan bisa berhasil.

  1. Keuangan

Keuangan adalah aspek terpenting dalam bisnis, kita wajib tahu berapa modal yang diperlukan. Menurut para konsultan, jumlahnya harus layak. Jangan sampai mudah goyah ketika terkena masalah

Maka dari itu pebisnis memang harus berani mengambil keputusan. Terutama dari segi kesiapan finansial berupa dana cadangan. Harus tetap dimiliki untuk mencegah terjadinya keadaan darurat semakin parah.

  1. Marketing

Marketing merupakan aspek di mana kita dapat mencari target pasar yang diinginkan. Sekaligus menentukan seberapa besar jumlah penjualan yang dihasilkan. Saat usaha dijalankan, harus memenuhi target.

Mereka bakal membantu kita merencanakan dengan membuat produk atau jasa sesuai kebutuhan target. Tapi nantinya harus mampu menghitung hasil kotor dan bersih dengan benar. Tujuannya tidak mengalami masa krisis.

  1. Teknis

Teknis menjadi lingkup pekerjaan feasibility study selanjutnya. Berguna karena banyak pengusaha awal tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jadi, nantinya mampu memperhitungkan semua langkah usaha.

  1. Manajemen

Konsultan nantinya juga bakal membantu Anda dalam membangun manajemen organisasi perusahaan. Isinya berupa karyawan dengan tugas masing-masing. Semuanya bakal membantu kegiatan bisnis berjalan dengan lancar.

Anda harus membuat gambaran seberapa banyak karyawan yang diperlukan. Hasilnya bisa dikoordinasikan dengan lebih mudah saat sudah dimiliki. Struktur manajemen kuat, maka usaha selalu stabil.

  1. Lingkungan

Dalam menjalankan usaha atau bisnis apapun, lingkungan seringkali terpengaruh baik sedikit maupun banyak. Anda tetap harus memperhatikan kondisi lingkungan sebelum mulai berbisnis. Terutama jangan memaksakan kehendak.

Pengusaha harus memastikan kalau lingkungan tempat usaha yang mau dibangun sudah layak. Konsultan bakal membantu mempersiapkan lingkungan tersebut. Mulai dari persyaratan kebersihan sampai pembebasan lahan.

  1. Sosial Ekonomi

Terakhir, konsultan bakal membantu pengusaha menyesuaikan dengan sosial ekonomi. Jadi, bisnis yang bagus harus selaras dengan masyarakat sekitar. Jadi, jika belum ada persetujuan jangan dipaksa dulu.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *