Biaya jasa studi kelayakan tidak sepenuhnya mahal, akan tetapi juga tidak dapat dikatakan murah. Dalam bentuk jasa ini tidak ada patokan harga yang berlaku. Hal ini dikarenakan mengenai besar kecilnya biasa tergantung dengan klien atau pengguna jasa studi kelayakan itu sendiri. Pasalnya, setiap orang mempunyai kemampuan finansial serta budget yang berbeda-beda.

Selain itu, besarnya biaya jasa studi kelayakan juga ditentukan oleh pelayanan yang disediakan. Semakin baik pelayanan jasa yang diberikan, maka pengguna jasa pun akan semakin merasa ringan dalam mengeluarkan biaya.

Mengetahui Biaya Jasa Studi Kelayakan

Jasa pembuatan studi kelayakan bisnis adalah para ahli yang mampu memberikan penilaian layak atau tidaknya sebuah ide atau rencana bisnis yang telah tersusun sebelumnya. Para pakar tersebut mempunyai beragam kiat serta cara yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi business plan yang telah ada.

Dengan demikian, ide tersebut bisa lebih baik atau mencegah adanya kerugian yang mungkin diperoleh pada masa depan yang dapat dihindari. Penyedia jasa studi kelayakan mempunyai kemiripan atau hampir sama dengan jasa advokat serta jenis jasa lainnya. Sama-sama memberikan pelayanan yang berupa jasa.

Usaha jasa mempunyai profit yang cukup tinggi, sehingga penyedia jasa dapat memperoleh keuntungan secara maksimal atau bahkan lebih dari usaha yang menjual produk. Mengenai besarnya biaya jasa studi kelayakan pada umumnya akan dipengaruhi oleh beberapa yang antara lain:

Besar Kecilnya Bisnis yang Dikaji

Faktor penting pertama yang dapat mempengaruhi biaya jasa studi kelayakan adalah mengenai ukuran bisnis yang akan dikaji. Pasalnya, usaha yang besar secara umum mempunyai permasalahan yang lebih kompleks. Selain itu, pada usaha berukuran besar, tentu memerlukan banyak waktu dalam pemeriksaan data.

Hal ini tentu berbeda dengan usaha kecil serta menengah, yang mana tingkat kerumitannya lebih rendah. Selain itu, waktu pengkajian pun lebih singkat sehingga proses analisa studi kelayakan pun lebih cepat selesai. Hal ini penting untuk diperhatikan dan pertimbangan dengan baik.

Jenis Masalah yang Dialami

Semakin banyak masalah yang terjadi dalam suatu usaha, maka para tim study kelayakan harus berupaya lebih keras dalam mencari solusi dari permasalahan tersebut. Hal ini tergantung dengan jenis permasalahan yang dihadapi.

Jika masalah yang dihadapi cukup rumit, seperti mengenai masalah hukum. Maka tim studi kelayakan akan menganjurkan pelaku usaha untuk menggunakan jasa pihak ketiga seperti advokat atau yang lainnya.

Faktor yang dapat mempengaruhi besarnya biaya jasa studi kelayakan bisnis selanjutnya adalah tingkat kerumitan masalah yang dihadapi. Semakin rumit permasalahan ataupun rencana bisnis, maka biaya yang diperlukan pun akan semakin besar. Akan tetapi, jika permasalahan lebih ringan, maka biaya yang diperlukan pun menjadi lebih murah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *