Aspek studi kelayakan bisnis perusahaan memang sangat penting untuk dipelajari. Hal ini terkait persaingan pasar yang semakin ketat. Perusahaan mampu melakukan pembenahan diri agar tidak tertinggal dengan saingannya.

Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Sebenarnya aspek dalam berbisnis ini tergantung dengan perusahaan masing-masing. Mengingat kebutuhan antar perusahaan satu dengan yang lainnya itu berbeda. Berikut merupakan aspek dasar atau umum yang biasa digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis perusahaan:

Aspek Hukum

Merupakan suatu elemen yang berkaitan langsung dengan seluruh hal legalitas dari produk dalam suatu bisnis. Misalnya berupa NPWP, akta pendirian, surat tata perusahaan, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut berkaitan dengan hukum badan usaha.

Aspek Ekonomi

Jika ditinjau dari segi ekonominya, berarti mempertimbangkan pendapatan perkapita atau rata-rata perusahaan. Hal ini bertujuan untuk masa kelola yang akan datang. Apabila hasil tinjauan ekonomi tidak sesuai atau kurang, maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik.

Aspek Budaya

Dipandang dari aspek budaya akan mempertimbangkan dampak positif dari adanya sebuah bisnis. Hal ini berkaitan dengan adat istiadat yang ada di lingkungan sekitar tempat bisnis. Bahkan termasuk lingkungan perusahaan itu sendiri.

Aspek Pasar dan Pemasaran

Berikutnya ada aspek studi kelayakan bisnis berkaitan pasar dan pemasaran. Hal ini sangat mempertimbangkan peluang pasar bagi produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Disini juga akan dipertimbangkan bagaimana persaingan, target, potensi dasar, jumlah konsumen, dan manajemen pasar.

Aspek Teknis dan Teknologi

Pada studi kelayakan sebuah bisnis juga akan menguak mengenai teknis dan teknologi. Sangat erat hubungannya dengan pemilihan strategi produksi hingga pemilihan teknologi. Dengan teknis yang benar, maka produksi suatu perusahaan akan maksimal.

Mengingat semua perusahaan pasti menggunakan elemen yang berkaitan dengan teknologi dan teknis. Agar perusahaan lebih maju, maka memerlukan langkah yang berbeda untuk memiliki ciri khas perusahaan. Dengan begitu, pengolahan produk akan lebih mudah dengan adanya tata kelola yang profesional sesuai prosedur.

Aspek Manajemen

Selain teknis dan teknologi, aspek studi kelayakan bisnis juga berkaitan dengan manajemen. Aspek yang satu ini sangat vital dalam mengkaji kelayakan bisnis. Manajemen akan menentukan jalannya perusahaan sesuai dengan rencana dan tujuan atau tidak.

Tentu saja adanya manajemen juga berkaitan dengan pembangunan serta pengembangan operasional sebuah perusahaan. Cakupan dari manajemen memang sangat luar. Mulai dari manajemen SDM hingga manajemen finansial perusahaan.

Jika sebuah perusahaan tidak bisa mengelola manajemen dengan baik, hasilnya tidak akan maksimal. Hal ini bisa menyebabkan kebangkrutan, bahkan perusahaan bisa ditutup. Dengan kata lain, jalan panjang perusahaan akan terhenti dengan sia-sia.

Itulah beberapa aspek studi kelayakan bisnis yang bisa dipelajari. Mengetahui aspek ini sangatlah penting sebagai bekal awal pendirian sebuah perusahaan. Dengan begitu, sudah bisa menerawang apa saja yang dibutuhkan agar bisa mendirikan sebuah bisnis perusahaan yang layak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *