Pembuatan studi kelayakan bisnis memerlukan riset dan juga pembelajaran secara mendalam mengenai bisnis yang akan dijalankan. Studi kelayakan bisnis bisa membuat para pengusaha untuk mengetahui bagaimana cara memulai bisnisnya .

Selama menjalankan studi kelayakan bisnis harus mengetahui beberapa definisi yang sebenarnya, manfaat, dan bagaimana bisnis tersebut dapat dijalankan sesuai rencana. Maka dari itu, anda harus benar-benar mengetahui caranya. Dibawah ini ada beberapa informasi yang perlu anda pahami.

Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis adalah suatu pertimbangan di awal yang perlu dilakukan sebelum usaha tersebut dijalankan serta mengetahui positioning bisnis. Lalu bisa mengontrol suatu aktivitas operasional supaya mendapatkan profit secara maksimal.

Adapun tahapan dalam studi tersebut adalah sebagai berikut:

Inisiatif Penemuan Ide

Inisiatif adalah tahapan awal yang bisa anda lakukan ketika melaksanakan pembuatan studi kelayakan bisnis. Yang mana sebuah inisiatif tersebut bisa timbul karena melihat beberapa suatu permintaan ataupun suatu pengembangan usaha yang memiliki peluang tersendiri.

Untuk ide tersebut harus diikuti dengan suatu penelitian. Lalu juga mengingat pesaing bisnis yang banyak dan gagalnya pendirian karena tidak disertai persiapan dan penelitian yang matang.

Penelitian Potensi Inisiatif

Tahap selanjutnya pembuatan studi kelayakan bisnis yaitu langsung melakukan sebuah penelitian dari potensi ide dengan cara melakukan penelusuran pada aspek studi kelayakan dan implikasi potensinya.

Evaluasi Studi Kelayakan Bisnis

Melakukan evaluasi pada aspek-aspek seperti aspek hukum, aspek keuangan, aspek bisnis, aspek manajemen, aspek sumber daya, dan masih banyak lagi. Setelah itu, anda dapat langsung menarik kesimpulan melalui pengkajian dukungan keuangan dan aspek keuangan yang sudah ada lewat bentuk faktor produksi.

Penentuan

Menentukan suatu kelayakan bisnis tersebut dengan menjalankannya. Apabila tidak dinilai layak, maka tahap berikutnya adalah melakukan suatu penelitian ulang ataupun mencari sebuah inisiatif baru untuk pengembangan bisnis.

Pada tahap ini, anda harus mengambil keputusan yang bisa saja menimbulkan suatu resiko dan cara untuk mitigasi, maka resiko dapat diminimalisir dengan baik.

Tahap Perencanaan Pelaksanaan

Pembuatan studi kelayakan bisnis selanjutnya adalah melakukan suatu perencanaan dengan memulai pelaksanaan dan persiapan dengan membuat jadwal yang bisa mendapatkan komitmen dari pihak yang terkait. Seperti investor, manajemen, kreditor, dan juga pemerintah atau masyarakat.

Selain itu, juga ada sebuah tujuan dari pembuatan studi kelayakan, diantaranya:

Memperlancar Suatu Perencanaan

Adanya suatu prediksi pada masa depan akan memudahkan perencanaan. Seperti perencanaan waktu pelaksanaan, jumlah modal, tata cara pelaksanaan, besarnya keuntungan, cara untuk pengawasan, dan juga lokasi.

Supaya Terhindar dari Kerugian

Tujuan yang lain adalah supaya bisa terhindar dari adanya resiko kerugian. Hal ini bisa dikendalikan ataupun tidak dikendalikan. Maka hal tersebut dapat menyebabkan stagnasi dalam berbisnis.

Mempermudah Pelaksanaan Pekerjaan

Pembuatan studi kelayakan bisnis juga harus ada suatu perencanaan. Hal ini sudah diatur bisa untuk memudahkan dalam pengaplikasikannya. Proses tersebut bisa dilakukan tersusun sehingga karyawan mempunyai pedoman pada tujuan sehingga rencana bisnis bisa tercapai dengan mudah.

Jasa Studi Kelayakan Surabaya

Jasa Studi Kelayakan Medan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *