Jasa perencanaan dan studi kelayakan pelabuhan dibuat secara maksimal. Pembangunan pelabuhan membutuhkan biaya yang sangat besar. Maka dari itu, diperlukan pertimbangan dan juga perhitungan yang benar-benar mendalam sebelum proses pembangunan.

Jasa Perencanaan dan Studi Kelayakan Pelabuhan dengan Pertimbangan

Pertimbangan untuk perencanaan pelabuhan didasarkan pada pertimbangan politis, ekonomis, dan juga teknis, tapi yang terpenting adalah pertimbangan ekonomis. Untuk secara teknis, semua pelabuhan bisa dibangun. Maka dari itu, penyesuaian teknis juga harus ada. Untuk masalah ekonomis bisa diperhitungkan oleh tujuan dari pelabuhan itu, daerah operasi, daerah belakang, dan lain-lain.

Pelabuhan laut juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk prasarana menunjang pembangunan. Tak hanya itu, dengan semakin berkembangnya suatu permintaan diharuskan dapat membuat jasa perencanaan dan studi kelayakan pelabuhan yang sesuai.

Persyaratan Pelayanan yang Baik

Pelabuhan merupakan tempat terlindungi dari berbagai pengaruh gelombang sehingga kapal dapat berlabuh dengan aman serta bisa bongkar muat barang, mengisi bahan bakar, menaik turunkan penumpang, melakukan reparasi, dan masih banyak lagi. Untuk itu, diperlukan adanya pelayanan yang baik, persyaratannya yaitu :

Harus mempunyai hubungan paling mudah untuk antar transportasi air dan juga darat seperti jalan raya serta kereta supaya barang bisa diangkut ke dalam pelabuhan secara cepat dan mudah. Pelabuhan harus di lokasi yang memiliki daerah pengaruh (daerah belakang) yang subur dan populasi penduduk yang padat.

Pelabuhan harus memiliki kedalaman air serta lebar alur yang sangat cukup. Kapal yang sudah sampai di pelabuhan harus bisa membuang sauh ketika menunggu merapat menuju dermaga.

Pelabuhan harus memiliki seperti fasilitas bongkar muat barang serta gudang untuk menyimpan barang. Lalu jasa perencanaan dan studi kelayakan pelabuhan harus memiliki suatu fasilitas sebagai meresparasi kapal.

Fungsi Bangunan di Pelabuhan

Ada beberapa fungsi dari setiap bangunan yang ada, diantaranya sebagai berikut:

Alur Pelayaran

Yaitu sebagai pengarahan kapal-kapal yang akan keluar masuk ke pelabuhan. Harus memiliki lebar dan kedalaman yang bisa untuk dilewati kapal-kapal.

Pemecah Gelombang

Dalam jasa perencanaan dan studi kelayakan pelabuhan, pemecah gelombang berfungsi melindungi pada daerah perairan pelabuhan dari adanya gangguan gelombang laut dan akan dihalangi oleh bangunan tersebut.

Kolam Pelabuhan

Yaitu daerah perairan yang mana kapal akan berlabuh dan juga bongkar muat serta melakukan gerakan untuk memutar.

Alat Penambat

Berfungsi sebagai menambat kapal ketika sedang merapat di dermaga ataupun menunggu di perairan sebelum kapal itu merapat.

Dermaga

Yaitu bangunan pelabuhan untuk merapatkan kapal serta menambat ketika waktu bongkar muat.

Gudang

Yaitu tempat untuk menyimpan berbagai barang yang terletak di belakang dermaga. Lalu gedung terminal, berfungsi untuk keperluan suatu administrasi.

Jasa perencanaan dan studi kelayakan pelabuhan dibuat secara benar-benar mendalam agar proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu halangan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *