Dalam membangun sebuah usaha perlu adanya konsultan studi kelayakan dan manajemen bisnis. Studi ini merupakan kegiatan yang sifatnya penting dan krusial, terlebih dalam dunia bisnis. Sesuai dengan namanya studi tersebut dilakukan dengan mempelajari segala hal bisnis secara mendalam, termasuk bisnis yang belum dan sudah dijalankan.

Bila dirangkap dengan manajemen maka kegiatan di dalamnya juga berkaitan dengan kelayakan sistemnya, artinya manajemen di dalam menjalankan bisnis juga diperhatikan. Singkatnya studi ini merupakan pertimbangan awal yang biasanya menjadi acuan para pelaku usaha, sebelum dan sesudah menjalankan sebuah bisnis. Kegiataan juga berkaitan dengan pengontrolan sebuah bisnis.

Bagaimana mengontrol manajemen bisnis, agar berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu, analisa yang mendalam juga berlaku pada bagian operasional bisnis. Sehingga bisnis yang dijalankan mencapai target. Lebih dari itu, hal ini diperlukan agar pelaku usaha lebih mudah mencapai tujuan bisnis. Bagaimana peran konsultan studi kelayakan dan manajemen bisnis saat ini? Berikut jawabannya.

Pengertian Konsultan Manajemen Bisnis

Sebelum membahas mengenai peran dari seorang konsultan dalam dunia bisnis tidak ada salahnya Anda memahami pengertiannya. Ya, konsultan secara umum berarti orang yang memberi saran, kata konsultasi bisa juga diartikan sebagai penasehat. Oleh karena itu, konsultan mengacu pada tenaga profesional yang memberikan jasa layanan konsultasi.

Sementara itu konsultan studi kelayakan dan manajemen bisnis diartikan sebagai seseorang yang memiliki tugas memberikan nasehat dalam bidang tersebut. Seorang konsultan sendiri biasanya memiliki bekal ilmu pengetahuan yang cukup luas. Hal tersebut tergantung dari bidang yang dikerjakan. Misalnya akuntansi, manajemen, hukum, pajak, koperasi dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan pengertian manajemen? Manajemen ialah proses yang biasanya digunakan dengan tujuan untuk mengatur organisasi atau kelompok. Manajemen dijalankan agar tujuan organisasi dapat tercapai. Dengan demikian konsultan manajemen memiliki tugas dalam menasehati perusahaan, agar dapat mengelola dan mengoperasikan bisnis. Bila digabungkan dengan studi kelayakan maka tugasnya akan bertambah.

Konsultan studi kelayakan dan manajemen bisnis selalu berkaitan dengan jenis-jenisnya di dalam sebuah perusahaan. Beberapa diantaranya jenis manajemen resiko, keuangan, personalia, administrasi, pemasaran, sampai sumber daya manusia. Semuanya menjadi satu kesatuan, sehingga membentuk manajemen perusahaan bisnis. Biasanya peran konsultan juga mengacu dari beragam jenis tersebut.

Peran Konsultan Kelayakan Manajemen Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan di atas peran konsultan tergantung dari jenis manajemennya. Secara umum tugasnya terbagi menjadi empat langkah. Keempat yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), directing dan controling (pengendalian). Sebuah bisnis akan berjalan lancar apabila keempat hal tersebut dilakukan sebelum dan saat usaha didirikan.

Peran konsultan studi kelayakan dan manajemen bisnis yang pertama, yaitu planning atau perencanaan. Dalam hal ini konsultan memiliki tugas membantu pelaku usaha merencanakan pendirian bisnis. Mulai dari penetapan tujuan sampai memilih sumber daya manusia. Kedua yaitu melakukan pengorganisasian. Konsultan biasanya memberikan nasehat pengaturan alokasi sumber daya dan tugasnya.

Ketiga ialah directing yang dilakukan dengan memberikan pengarahan perihal efisiensi kinerja sehingga tugas sumber daya lebih optimal. Dalam hal ini termasuk kebijakan yang diambil oleh perusahaan. Terakhir ialah controlling atau pengendalian, dalam hal pengendalian peran konsultan adalah membantu dan mengarahkan evaluasi dari kegiatan yang dilakukan. Tujuannya adalah untuk mencapai target perusahaan.

Nah, itulah sebabnya mengapa seorang konsultan sangat diperlukan oleh pelaku usaha. Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat mengharuskan Anda memutar strategi dan perencanaan yang matang. Hal ini akan lebih mudah dan terbantu dengan hadirnya pakar profesional. Karena dengan konsultan studi kelayakan dan manajemen bisnis nantinya akan mempengaruhi keberhasilan usaha Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *