Kemajuan zaman membuat berbagai peluang bisnis semakin berkembang, salah satunya jasa survey dan riset pasar. Meningkatnya persaingan dalam dunia bisnis, membuat perusahaan dan pelaku usaha harus mampu menciptakan produk menarik, agar mampu bersaing di pasaran dan mampu mendatangkan keuntungan untuk perusahaan.

Untuk menciptakan sebuah produk yang mampu bersaing dan diterima di pasar bisnis memang bukan hal mudah untuk dilakukan perusahaan. Diperlukan perencanaan, perhitungan dan analisa yang matang agar produk tersebut nantinya memiliki nilai lebih di mata konsumen, sehingga banyak orang yang tertarik menggunakannya.

Salah satu cara yang biasa digunakan oleh perusahaan, agar mampu menciptakan produk tepat dan bisa diterima oleh masyarakat adalah dengan melakukan riset pasar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen, sehingga produk yang dihasilkan nantinya mampu diterima dengan baik oleh konsumen. Untuk mengetahui hal tersebut, diperlukan jasa survey dan riset pasar untuk mendapatkan data yang akurat.

Riset pasar merupakan sebuah aktivitas penelitian sistematis yang meliputi banyak hal. Kegiatan ini biasanya dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data dan informasi, serta pengolahan data untuk selanjutnya di oleh dan mendapatkan interpretasi hasil penelitian. Dari penelitian inilah akan didapatkan data akurat untuk menciptakan sebuah produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Tujuan dari melakukan survey dan riset pasar sendiri adalah untuk mengetahui dan menganalisa hal-hal yang dibutuhkan atau diinginkan oleh masyarakat, pasar atau bahkan pesaing. Setelah melakukan riset, diharapkan perusahaan mampu mengetahui produk atau jasa apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, kualitas produk seperti apa serta membuat proyeksi dan potensi permintaan akan produk atau jasa dari bisnis tersebut.

Metode yang Digunakan Oleh Jasa Survey dan Riset Pasar

Dalam melakukan tugasnya untuk men-survey masyarakat, jasa riset pasar ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Berbagai metode tersebut digunakan untuk menggali informasi sebanyak mungkin terkait apa yang diinginkan oleh masyarakat, sehingga perusahaan mampu merealisasikannya. Beberapa metode yang dipakai adalah sebagai berikut :

1. Kuesioner

Salah satu metode yang digunakan jasa survey dan riset pasar untuk mendapatkan informasi dari masyarakat adalah kuesioner. Ini merupakan metode riset pasar dengan memberikan pertanyaan tentang data yang diinginkan dan diperlukan sebuah perusahaan untuk jenis bisnis pilihannya. Sebelumnya seorang surveyor pastinya harus menentukan responden potensial yang sesuai dengan data jenis pertanyaan.

2. Focus Group Discussion

Metode selanjutnya yang bisa dilakukan untuk riset pasar pasar adalah dengan menggunakan focus group discussion. Dalam satu group diskusi biasanya terdiri dari moderator, peneliti dan pastinya juga peserta responden. Peneliti akan merekam dan melakukan pengamatan terhadap respon, reaksi dan komentar pelanggan, sehingga bisa mengambil kesimpulan produk apa yang benar-benar diinginkan oleh masyarakat.

3. Survey

Metode terakhir yang biasa digunakan saat melakukan riset pasar adalah survey. Metode ini dilakukan dengan mengajukan pertanyaan sederhana tentang produk atau jasa yang akan Anda diteliti. Pemilihan responden sendiri biasanya dilakukan secara akan acak. Semakin banyak survey yang dilakukan, maka akan semakin valid juga data hasil penelitian. Untuk itulah jasa survey dan riset pasar diperlukan, agar membantu proses ini berjalan dengan lebih cepat dan tepat sasaran.

Itulah informasi menarik seputar cara survey riset pasar yang perlu Anda ketahui. Dalam dunia bisnis, melakukan survey dan riset pasar sangat diperlukan agar mampu menciptakan produk terbaik yang diinginkan oleh konsumen. Maka tidak heran, jika jasa survey dan riset pasar semakin diperlukan untuk membantu menentukan produk terbaik yang mampu bersaing di pasaran.

 

Jasa Studi Kelayakan

Jasa Statistik

Kategori: Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *