Studi kelayakan dan bisnis merupakan aktivitas terencana guna mempelajari suatu usaha secara mendalam. Studi ini dilakukan untuk menentukan layak tidaknya sebuah bisnis yang dijalankan. Sebagian lainnya menyebutnya sebagai penelitian rencana bisnis, analisa serta pengontrolan kegiatan operasional secara berjenjang. Fungsinya sendiri ialah, agar mencapai tujuan dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Studi ini menjadi pertimbangan yang perlu dilakukan oleh setiap pebisnis sebelum menjalankan usahanya. Kegiatannya juga dilakukan untuk memberikan penekanan kontrol di bagian operasional. Sehingga tujuan awal bisnis tercapai di waktu yang tepat dan sesuai harapan. Dewasa ini studi kelayakan menjadi kebutuhan bagi pebisnis pemula.

Ketatnya persaingan di dunia bisnis mengharuskan setiap pengusaha membuat perencanaan yang matang. Perencanaan ini juga perlu didukung dengan analisa yang kuat. Sehingga saat perencanaan sudah dilakukan terjadilah sinkronisasi antara kebutuhan masyarakat dengan bisnis yang dijalankan. Bila sudah terjadi sinkronisasi bisa dipastikan bisnis yang dijalankan sesuai dengan perkembangannya saat ini.

Tujuan Studi Kelayakan dan Bisnis

Secara umum tujuan diadakannya studi kelayakan dalam sebuah bisnis adalah untuk menghindari resiko kegagalan dari setiap aktivitas yang dilakukan. Dalam perjalanan bisnis banyak orang mengalami fase yang tidak menguntungkan. Di sinilah tujuan dari studi kelayakan. Analisanya dibuat untuk banyak orang seperti pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Terdapat lima tujuan utama mengapa studi kelayakan dan bisnis diperlukan dalam sebuah proyek usaha. Pertama adalah untuk menghindari kerugian besar, analisa dalam studi dibuat agar pebisnis dapat meminimalkan setiap resiko yang mudah maupun sulit dikendalikan. Ini karena fase perjalanan bisnis tidak dapat diprediksi. Kedua yaitu mempermudah perencanaan bisnis.

Perencanaan sendiri terdiri dari penghitungan jumlah modal yang diperlukan, waktu dan cara pelaksanaan, lokasi, besaran keuntungan serta pengawasan apabila terjadi penyelewengan. Ketiga adalah memudahkan pelaksanaan bisnis. Perencanaan yang matang berdampak positif bagi pelaksanaannya. Sehingga para pelaksana nantinya dapat fokus, karena tujuannya sudah terencana dengan jelas.

Keempat adalah untuk memudahkan pengawasan. Selain itu, pengawasan biasanya berjalan dengan mudah, karena bisnis sudah direncanakan dan dilaksanakan sesuai dengan tahapannya. Kelima yaitu memudahkan proses pengendalian bisnis. Pengendalian perlu dilakukan agar tidak terjadi penyelewengan. Apabila terjadi penyimpangan bisnis penyelesainnya pun lebih cepat, karena sudah dianalisis lewat studi.

Manfaat Studi Kelayakan dan Bisnis

Manfaat adanya studi dan analisa mengenai kelayakan bisnis erat kaitannya dengan tujuannya. Artinya setiap tujuan studi yang tercapai dengan baik, maka pe bisnis akan merasakan manfaatnya. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh para pebisnis semata. Lebih dari itu, analisa kelayakan bisnis juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi berbagai pihak yang berkepentingan.

Pihak-pihak yang berkepentingan tersebut misalnya saja pemilik brand, pengembang, pemegang saham, penyumbang dana sampai para pekerja. Singkatnya setiap pihak yang ikut menjalankan usaha akan merasakan manfaat studi kelayakan dan bisnis. Analisa dapat dianggap memiliki manfaat bagi banyak pihak apabila memenuhi syarat tertentu.

Studi hasil penelitian yang sudah dikerjakan harus dapat dipertanggung jawabkan. Artinya hasil akhir menyebutkan tidak ada pihak-pihak yang dirugikan dengan adanya proyek bisnis tersebut. Termasuk pihak-pihak yang ikut terlibat dalam setiap kegiatan proyek bisnis. Studi juga harus akurat dan berdasarkan analisis terstruktur sehingga dapat dikatakan berhasil.

Kesimpulannya analisa uji kelayakan bisnis selalu menjadi bagian yang mempengaruhi berhasil tidaknya usaha. Analisa ini adalah titik awal perjalanan bisnis yang panjang. Karena dari sinilah perencanaan dibuat, dianalisa dan dikerjakan. Mengingat perannya yang besar dalam proyek sudah selayaknya pebisnis mempertimbangkan studi kelayakan dan bisnis sedari dini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *