Studi Kelayakan Gudang

Jasa Studi Kelayakan adalah hal yang umum dan sudah sering di gunakan ketika membuat suatu perencanaan bisnis. Perencanaan suatu bisnis bukan hanya dilakukan internal perusahaan namun perencaan suatu bisnis hendaknya dilakukan juga oleh ekstenal perusahaan. Pengkajian studi kelayakan ekternal dapat dilakukan oleh jasa studi kelayakan yang sudah profesional, terpercaya dan berpengalaman yaitu PT. Grapadi Sejahtera Mandiri. PT Grapadi Sejahtera Mandiri merupakan perusahaan independen yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang jasa studi kelayakan dan manajemen bisnis lainnya. PT. Grapadi Sejahtera Mandiri sudah berpengalaman mengerjakan studi kelayakan berbagai macam bisnis seperti bisnis perugudangan atau pendirian gudang.

Gudang adalah suatu tempat penyimpanan sementara barang yang nantinya berfungsi sebagai penyaluran barang dari supplier (pemasok), sampai ke end user (pengguna). Dalam praktik operasional setiap perusahaan cenderung memiliki suatu ketidakpastian akan permintaan. Hal ini mendorong timbulnya kebijakan dari perusahaan untuk melakukan sistem persediaan agar permintaan dapat diantisipasi dengan cermat. Dengan adanya kebijakan mengenai persediaan  ini mendorong perusahaan untuk menyediakan fasilitas gudang sebagai tempat untuk menyimpan barang.

Gudang adalah lokasi untuk penyimpanan produk sampai permintaan (demand) cukup besar untuk melaksanakan distribusinya (Bowersox, 1978:293). Penyimpanan dianggap perlu untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen. Prinsip kegunaan waktu (time utility) dijadikan alasan untuk membenarkan alasan ini. Untuk manufaktur yang memproduksi berbagai produk di banyak lokasi, pergudangan memberikan metode untuk mengurangi biaya penyimpanan bahan mentah, dan suku cadang serta biaya penanganan, di samping memaksimumkan operasi produksi. Persediaan dasar untuk seluruh suku cadang dapat dipertahankan di gudang sehingga dapat menurunkan kebutuhan penumpukan persediaan di masing-masing pabrik.

Tujuan Gudang

Secara umum gudang diperlukan dengan empat tujuan sebagai berikut:
1. Pengurangan biaya transportasi dan produksi.

2. Pengkoordinasian antara penawaran dengan permintaan.

3. Kebutuhan produksi.

4. Kebutuhan pasar.

Manfaat Gudang

Menurut Purnomo (2004:282) secara garis besar manfaat pergudangan antara lain adalah:

1.Manufacturing support(pendukung proses produksi)

2.Production mixing

3. Sebagai perlindungan terhadap barang

4. Dalam sistem pergudangan

5. Sebagai persediaan

 

Untuk mewujudkan pendirian gudang tersebut diperlukan suatu perencanaan yang matang. Dalam kajian studi kelayakan gudang akan dikaji dan dibahas berbagai aspek-aspek yang berkaitan dengan pendirian gudang tersebut. Aspek-aspek yang umum dibahas dalam pendirian gudang seperti aspek legal, aspek teknis, aspek ekonomi, aspek pasar dan aspek keuangan. Namun sebelum membahas aspek-aspek studi kelayakan gudang tersebut ada hal yang krusial yang perlu diperharikan terutama berkaitan dengan lokasi pendirian gudang.

Lokasi yang strategis.

Lokasi gudang tersebut merupakan lokasi yang berada dilokasi pergudangan, atau di zona pergudangan dan tidak melanggar peraturan pemerintah daerah pendirian gudang tersebut.

Jalur

Jalur yang dilalui baik dari sumber pengiriman maupun dari gudang ke lokasi tujuan memiliki jalur yang aksesnya mudah dilalui jalan aspal, atau sudah bisa lewat tol, dekat dengan pelabuhan atau dekat dengan bandara.

Jarak Gudang

Jarak dari gudang merupakan jarak yang menghubungkan sumber pengiriman (sumber produksi, sumber bahan baku dan lain-lain) ke tujuan pengiriman.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *