Sebelumnya mereka harus memikirkan secara matang tentang banyak hal dan aspek untuk mengelola dan mengembangkan. Bukanlah hal yang mudah, sebab mereka harus memikirkan dengan benar untuk memulai usaha, proyek dan proses produksi.

Tahap Pendahuluan studi Kelayakan

Langkah berikutnya untuk memulai studi kelayakan bisnis yakni dengan melakukan studi pendahuluan. Kegiatan ini yaitu memperoleh gambaran umum suatu peluang bisnis yang nantinya akan dijalankan. DiĀ  dalamnya tim akan membahas prospek, kendala dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dalam kegiatan ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengukur kelayakan suatu bisnis, yaitu:


a. Lakukan survey di lapangan
Seperti yang telah dibahas pada ulasan di atas, sebelum meluncurkan sebuah produk dan mengerjakan proyek, tim harus melakukan riset terlebih dahulu di lapangan. Hal tersebut berguna untuk mengetahui selera konsumen dan apa yang sedang tren. Dengan langsung terjun, maka perusahaan lebih mengetahui tentang kemauan masyarakat sebab mereka adalah obyek utama.


b. Sesuaikan dengan kondisi keuangan
Ketersediaan modal menjadi faktor yang paling penting dalam pembangunan dan perkembangan bisnis. Dana bisa didapatkan dari perusahaan penyelenggara sendiri atau dari pihak lain, baik berupa pinjaman bank maupun investor.
Produk atau proyek yang akan diluncurkan sebaiknya harus disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan. Biasanya mereka memiliki trik khusus, yakni meminimalisir pembiayaan namun tetap memproduksi produk atau proyek yang berkualitas. Dengan demikian akan mendapatkan keuntungan berlebih.


c. Ketersediaan alat atau mesin
Sebelum memulainya, ketersediaan alat atau mesin juga perlu diteliti terlebih dahulu. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan, yakni sudahkah tersedia, bagaimana dengan kualitasnya, perlukah diperbaiki atau diperbaharui, dan lain sebagainya.

Pada tahap studi pendahuluan aspek SDM juga perlu dipersiapkan. Sebab mereka pula yang menjadi penggerak dari terciptanya suatu bisnis dari awal hingga akhir.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *