Perencanaan adalah hal yang  harus dan mesti dilakukan dalam memulai bisnis. Ibarat seseorang yang melakukan perjalanan ke kota A sebagai tujuannya maka untuk sampai ke kota A tersebut seseorang akan melewati beberapa jalan oleh karena itu agar tidak kesasar dan sampai ketujuan lebih cepat  orang tersebut memerlukan peta yang akan menuntunya agar sapai ketujuannya. Seperti itulah dalam berbisnis diperlukan peta yaitu perencanaan bisnis sebagai penuntun bisnis mencapai tujuan bisnis tersebut. Perencanaan bisnis itu dinamakan studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan merupakan cara cerdas dalam merencanakan bisnis. Perencanaan bisnis bisa saja dilakukan tanpa menggunakan metode tertentu, agar perencanaan tersebut lebih terarah dan tepat sasaran maka cara cerdas nya yaitu menggunakan perencanaan bisnis dengan studi kelayakan bisnis.

Studi kelayakan merupakan sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran bisnis tersebut seperti perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, teknologi, peralatan, target capaian, strategi pemasaran. Rencana bisnis menguraikan arah, tujuan dan strategi perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Karena dalam studi kelayakan akan membahas aspek-aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Aspek yang umum dibahas dalam studi kelayakan seperti aspek hukum, aspek lingkungan, aspek teknis, aspek ekonomi, aspek pasar, aspek sosial dan aspek keuangan.

Banyak orang yang memulai suatu bisnis dengan coba-coba atau karena tergiur ajakan orang lain tanpa melakukan perencanaan bisnis. Sehingga di tengah jalan bisnis tersebut merugi dan bahakan tidak balik modal. Disinilah seorang pebisnis harus harus cerdas menjalankan bisnis tersebut, pebisnis harus dapat memperkirakan bagaiaman bisnisnya kedepannya, apa saja resiko-resiko yang mungkin terjadi pada bisnis sehingga seorang pebisnis dapat mengantisipasi resiko-resiko bisnis tersebut.

Pebisnis yang menginvestasikan waktu, modal dan tenaga menyusun rencana bisnis dengan cerdas terbilang lebih siap menghadapi resiko-resiko dari bisnis tersebut. Walaupun rencana bisnis itu tidak menjamin 100% kesuksesan seseorang, tetapi dengan cara ini akan mampu menciptakan peluang kesuksesan.

FreeWebSubmission.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *