Studi Kelayakan Restoran

Restoran merupakan bisnis atau usaha yang menjanjikan. Bisnis seperti ini bila dikembangkan dengan teknik dan pendekatan pasar yang benar akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi pemiliknya oleh sebab itu tidak sedikit para pengusaha yang melirik bisnis ini, termasuk salah satu perusahaan atau jenis usaha yang baru akan didirikan atau usaha yang akan di kembangkan.

Restoran-restoran yang ada di kebanyakan kota besar biasanya berkembang dan menyatu dengan manajemen hotel. Market potensi dan tingginya level pengunjung akan lebih terdongkrak dengan adanya pengunjung di Hotel-hotel tersebut. Namun tidak jarang juga para pemilik restoran bersaing dengan pemilik lainnya dalam menonjolkan keunikan dan produk mereka.

Hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis restoran desain arsitektur, desain interior dan lokasi yang strategis diisi dengan berbagai fasilitas yang terpisah namun tetap menyatu dalam satuan yang cukup luas pada esensi utama restoran yaitu makan dari restoran tersebut. Untuk mewujudkan bisnis restoran tersebut di butuhkan modal atau investasi yang cukup besar. Sehingga dibutuhkan perencanaan yang lebih matang untuk memulai bisnis tersebut. Salah satu perencanaan yang dilakukan adalah studi kelayakan restoran.

Studi kelayakan adalah suatu studi yang mempelajari tentang layak atau tidaknya suatu usaha dapat didirikan atau dikembangkan. Pengkajian layaknya suatu bisnis dikaji dari aspek-aspek studi kelayakan. Aspek-aspek yang akan dikaji dari bisnis restoran seperti aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek keuangan, aspek sosial dan ekonomi, aspek manajemen dan sumber daya manusia, aspek hukum, aspek dampak lingkungan

Studi kelayakan ini untuk mengetahui besarnya dana investasi yang dibutuhkan, market pasar yang ada, dan kendala apa saja yang mungkin terjadi dalam proses mendirikan jenis usaha restoran. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah untuk melakukan analisa kelayakan usaha pendirian restoran ditinjau dari berbagai aspek.

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *