Investor masih menjadikan bisnis hotel di surabaya sebagai salah satu bidikan utama. Jumlah hotel di surabaya sudah banyak. Tapi, kami yakin pasarnya masih besar. Apalagi dengan surabaya sebagai pintu masuk dari Indonesia Timur serta ditunjang perkembangan perkantoran dan industri.

Bisnis hotel merupakan bisnis yang cukup menarik dan menguntungkan dalam jangka panjang. Tujuan utama dari bisnis hotel adalah mencapai tingkat hunian hotel yang tinggi atau occupancy room. Dimana karena bisnis hotel merupakan bisnis yang menawarkan jasa bukan dalam bentu produk maka untuk mencapai occupancy yang tinggi maka harus di dukung dengan pelayanan yang bagus seperti SDM yang handal dan berpengalaman, fasilitas yang nyaman, harga yang bersaing, lokasi hotel yang strategis.

Langkah awal yang dapat dilakukan dalam memulai bisnis hotel:

1. Ide

Ide merupakan langkah awal dalam memulai bisnis, ide menjalankan bisnis hotel merupakan ide yang menarik, ide tersebut harus di konsep unik dan lebih menarik daripada bisnis hotel pada umumnya.

2. Modal

Modal merupakan hal yang paling penting dalam memulai bisnis. Dalam memulai bisnis hotel memiliki modal yang cukup besar berkisar 50 milyar – 100 milyar an. Namun anda tidak perlu khawatir anda dapat memperoleh tambahan modal tersebut dari pihak ketiga seperti bank dan investor lainnya.

3. Lokasi

Dalam bisnis hotel lokasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa dikesampingkan. Lokasi yang strategis akan membuat daya tarik konsumen untuk menggunakan hotel anda sehingga occupancy hotel akan lebih besar dan keuntungan perusahaan pun akan lebih bagus.

3. Konsultan Studi kelayakan

Studi kelayakan merupakan studi atau penelitian pada tahap perencanaan yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis sehingga studi tersebut akan memberikan gambaran jelas tentang bisnis anda. Dari hasil studi kelayakan tersebut akan meminimalisir resiko dari bisnis yang akan dijalankan apakah bisnis tesebut layak dijalankan atau tidak layak untuk dijalankan atau bahkan ditunda untuk sementara waktu. Bisnis hotel merupakan bisnis yang resikonya cukup besar sehingga diperlukan perencanaan yang cukup matang. Memang perencanaan memerlukan biaya namun tidak akan sebanding dengan resiko yang akan dialami pebisnis apabila di tengah jalan mengalami kerugian atau kebangkrutan.

4. Konsultan pengawasan

Pada bisnis yang investasinya menggunkan pihak ketiga, pada umumnya bank atau investor akan menggunakan konsultan independen untuk mengawasi pembangunan hotel tersebut, sehingga penggunaan dana dari pembangunan tersebut dipergunakan secara tepat dan pembangunan akan lebih cepat diselesaikan.

Home


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *