Studi kelayakan atau Feasibility Study merupakan suatu analisis terhadap viability (di teruskan atau tidak) suatu ide usaha tersebut. Sehingga kegiatan yang dilakukan pada studi semuanya bertujuan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tujuan dari Studi Kelayakan atau Feasibility Study untuk mengetahui gambaran menyeluruh mengenai layak atau tidak nya suatu usaha tersebut dijalankan.

Jika seorang pengusaha akan membuka suatu usaha maka akan memerluakan pertimbangan dan persiapan yang matang untuk berinvestasi pada usaha tersebut. Sehingga seorang pengusaha memerlukan seseorang yang ahli di bidang perencanaan khususnya studi kelayakan atau Feasibility Study yang merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perencanaan suatu usaha. Seperti berinvestasi pada usaha restoran, perumahan, apartemen, hotel, rumah sakit dan berbagai usaha lainnya bukan lah investasi yang main-main dan coba-coba memerlukan persiapan dan pengkajian yang lebih mendalam.

Studi Kelayakan atau Feasibility Study merupakan salah satu cara untuk meminimalisir kerugian yang akan terjadi jika seorang pengusaha berinvestasi. Seorang konsultan Studi Kelayakan atau Feasibility Study akan memberikan pertimbangan dan analisis kepada pengusaha yang akan menjalankan usaha tersebut mengenai kajian yang dilakukannya dari aspek–aspek studi kelayakan atau Feasibility Study. Sehingga pengusaha tidak salah melangkah sebelum berinvestasi.

Penggunaan aspek pengkajian studi kelayakan dilakukan sesuai dengan kondisi kajian. Misalnya kajian studi kelayakan atau Feasibility Study adalah usaha apartemen maka aspek yang dikaji adalah aspek umum, aspek tapak, aspek ekonomi, aspek pasar dan aspek keuangan. Kemudian lain kasus kajian studi kelayakan atau Feasibility Study rumah sakit, aspek yang dikaji adalah aspek umum, aspek teknis, aspek ekonomi, aspek pasar dan aspek keuangan, selain itu pada kasus kajian pabrik industri aspek yang dikaji adalah aspek umum, aspek lingkungan, aspek teknis, aspek pasar dan aspek keuangan.

Feasibility Study atau studi kelayakan suatu hal yang tidak asing lagi di dunia bisnis. Sehingga seorang pebisnis akan merasa kurang atau takut ketika bisnis tidak mempertimbangkan perencanaan tersebut. Perencanaan yang dimaksud adalah Feasibility Study bisnis.


2 Komentar

http://www.buzzsprout.com/223282/ · November 9, 2018 pada 9:30 am

Tremendous things here. I’m very glad to look your
article. Thanks a lot and I’m looking ahead to contact you.

Will you please drop me a mail?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *