Indonesia dengan masyarakat terbanyak nomor empat di dunia selalu membutuhkan alat transportasi yang mampu menampung banyak penumpang. Salah satu yang tidak pernah ketinggalan pelanggannya adalah kapal. Alat transportasi laut yang satu ini sekarang sudah ebrubah menjadi alat transportasi yang luar biasa. Para pebisnis bersaing menyajikan kapal dengan kualitas terbaik untuk para penumpangnya. Bahkan saking banyaknya para pelanggan terkadang tiket kapal sudah habis terjual dalam waktu singkat. Sebenarnya kapal tidak hanya identik dengan alat transportasi manusia, kapal juga mambu menampung berbagai produk dalam ukuran muatan yang banyak. Bahkan proses jaul beli dalam wilayah antar negara sering dilakukan melalui kapal.

Faktor itulah yang menyebabkan perbisnisan kapal tidak perlu ditanyakan lagi. Mungkin bisnis ini tidak sepopuler bisnis properti dan bisnis lainnya, namun jaminan mendapatkan keuntungan yang setara membuat bisnis ini patut untuk dicoba. Balik lagi, Anda tidak perlu gegabah dalam menentukan arah. Tanyakan kepada ahlinya apa yang belum Anda ketahui, itu lebih baik dari pada Anda mencoba menjalankannya sendiri tanpa mengetahui apapun. Kerugian dalam bisnis ini tentu akan sebanding dengan keuntungannya. Jadi, jangan pernah membuat langkah awal yang salah. Percayalah itu akan merusak mental awal Anda dalam berbisnis. Ingat, pebisnis zaman sekarang sudah semakin cerdik. Maka, Anda akan langsung tersingkir dari pertarungan ketika Anda melakukan hal yang tidak sewajarnya Anda lakukan.

Studi kelayakan kapal merupakan penelitian yang mendalam akan gagasan berbisnis kapal yang ingin Anda lakukan. Seperti studi kelayakan pada bisnis-bisnis lainnya, Anda akan melalui berbagai penelitian yang menunjang apakah gagasan Anda layak dilanjutkan ataupun tidak. Bedanya dalam bisnis ini Anda memiliki tuntutan yang cukup besar. Kenapa? Karena bisnis ini berkaitan langsung dengan keselamatan para penumpang. Bukankah sampai disini Anda sudah memahami bahwa studi kelayakan yang akan Anda jalani akan lebih rumit dari studi kelayakan pada bisnis lainnya. Itu bukan hal yang menakutkan, jadi tetap mantap dengan apa yang  sudah Anda rencanakan.

Faktor-faktor yang Perlu di Perhatikan

  • Konstruksi

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa bisnis ini langsung berhubungan dengan keselamatan penumpang. Tidak ada pilihan lain, selain berusaha memberikan konstruksi kapal yang baik dan bagus. Konstruksi kapal untuk muatan tentu akan berbeda dengan konstruksi kapal khusus untuk penumpang. Perhatikan baik-baik setiap elemen dalam pembuatan kapal tersebut, dan diusahkan semuanya dalam keadaan berstandar bagus. Anda tidak perlu berusaha mengurangi modal untuk menambah keuntungan. Percayalah, konsumen sekarang sudah lebih cerdas. Mereka berani mengeluarkan budget yang cukup untuk keselamatan mereka.

  • Keselamatan

Kelayakan yang perlu diteliti juga mengenai keselamatan para penumpang kapal. Ketika Anda berhasil memberikan kenyamanan untuk alat transportasi ini, berarti secara otomatis Anda berhasil melakukan promosi. Kenapa? Karena kebiasaan orang ketika menemukan sesuatu yang memuaskan dan nyaman akan langsung di share, dan biasanya semakin banyak rekomendasi yang baik akan membuat orang lain mudah mengikutinya. Nah, hal  itupun berlaku untuk sisi sebaliknya. Semakin tidak ada yang merekomendasikan berarti produk Anda tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jangan heran, kalau nantinya bisnis Anda sepi.

  • Kelayakan Petugas

Seperti jasa transportasi lainnya, tentu kelayakan petugas menjadi sangat krusial untuk diteliti. Hal tersebut tentu masih ada kaitannya dengan kenyamanan penumpang. Benar, lakukan seleksi yang ketat untuk setiap petugas yang akan Anda pekerjakan. Terutama petugas yang bertugas mengemudi kapal tersebut.

Kategori: Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *