Manfaat Studi Kelayakan

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa studi kelayakan memiliki value yang penting untuk sebuah usaha. Hal tersebut terlihat dari proses ini dilakukan sebelum sebuah bisnis dijalankan. Inilah prediksi ataupun ramalan untuk sebuah bisnis yang masih dalam bentuk gagasan. Fakta tersebut tentu memberikan penekanan bahwa studi kelayakan layak dan harus dijalankan oleh setiap perusahaan ataupun siapapun yang ingin berkecimpung di dunia ini. Nah, berikut terdapat beberapa hal mengenai manfaat studi kelayakan yang harus Anda ketahui.

1. Mempermudah Perencanaan Bisnis

Tahap awal dari sebuah studi kelayakan adalah menentukan apakah gagasan yang Anda miliki sudah cukup layak dijalankan ataupun tidak. Ketika penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa gagasan tersbeut layak untuk dijalankan, tentu Anda akan mendapatkan kemudahan dengan mampu memperkirakan dalam hal perencanaan bisnis. Beberapa dari Anda mungkin mempertanyakan kenapa bisnis memperlukan perencanaan? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan karena bisnis memiliki alur yang tidak semuanya indah.

2. Menghindari Kerugian

Perlu digaris bawahi bahwa konteks utama dari  dilakukannya studi kelayakan adalah untuk menghindari kerugian. Hal tersebut sudah tampak sangat jelas dari pertama kali peneltian itu dilakukan, yaitu untuk menentukan bahwa gagasan bisnis yang Anda miliki layak untuk dijalankan. Nah, ketika penelitan mengatakan bahwa ide bisnis itu tidak layak, maka Anda akan diberikan beberapa solusi untuk menghindarinya. Sehingga kemungkinan Anda rugi akan sangat kecil.

3. Mempermudahkan Pekerjaan

Manfaat berikut yang juga tidak kalah penting untuk usaha Anda adalah studi kelayakan memberikan kemudahan dalam proses pengerjaan bisnis. Hal tersebut tentu masih ada kaitannya dengan manfaat lain yang barusan dibahas.

 

Nah, itulah beberapa manfaat yang diberikan oleh sebuah studi kelayakan bisnis. Anda tidak perlu gugup dan khawatir dalam memulai bisnis. Anda hanya perlu percaya, dan memperhatikan kondisi disekeliling. Seorang pebisni yang baik tidak akan banyak menunda. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Kategori: Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *