Bagaimana seharusnya studi kelayakan bisnis yang baik untuk perusahaan jasa? Merupakan pertanyaan perusahaan yang biasanya hendak melakukan studi kelayakan. Memang ada berbagai ketentuan yang nantinya menjadi penentu layak dan tidaknya bisnis dijalankan.

Bukan hanya berlaku untuk perusahaan penjual produk saja, tapi juga penyedia jasa. Masing-masing memiliki lingkup atau objek yang dianalisa. Walaupun demikian, aspek yang dianalisa sama, seperti pada uraian berikut sebagai penentu kelayakan.

Uraian Mengenai Bagaimana Seharusnya Studi Kelayakan Binsis yang Baik untuk Perusahaan Jasa

Tujuan dari feasibility study ini salah satunya agar usaha yang dijalankan mampu bertahan dengan baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Secara umum, ada 5 aspek penentu feasibility study, yaitu meliputi:

  1. Aspek Hukum atau Legalitas

 Aspek pertama adalah hukum atau legalitas. Bagaimana seharusnya studi kelayakan bisnis yang baik untuk perusahaan jasa dari segi legalitas? Jawabannya adalah yang memenuhi persyaratan hukum sesuai ketentuan.

Perizinan bisnis sangat penting di awal pendirian supaya di kemudian hari tidak mengalami kendala. Keperluan izin ini bukan hanya berkaitan dengan usaha, tapi juga lokasi.

Beragam faktor dijadikan dasar penilaian, seperti badan hukum paling sesuai, jenis komoditas usaha tidak dilarang oleh undang-undang, cara berbisnis tidak melanggar hukum agama serta teknik operasional memperoleh izin dari instansi terkait.

  1. Aspek Budaya dan Ekonomi

Dari aspek budaya dan ekonomi, bagaimana seharusnya studi kelayakan bisnis yang baik untuk perusahaan jasa? Fokus analisanya yaitu pembangunan perusahaan jasa memberikan dampak positif terhadap lingkungan atau masyarakat sekitarnya.

Dari segi budaya, tidak mengganggu kebiasaan adat masyarakat setempat. Sedangkan dari segi ekonomi, mampu mengubah pendapatan per kapita penduduk setempat, bukan malah mengurangi.

  1. Aspek Keuangan

Berikutnya adalah dari aspek keuangan, penentu kelangsungan bisnis masa sekarang serta mendatang. Feasibility study perusahaan jasa baik akan meningkatkan pendapatan serta laba. Selain itu, perolehan sumber dana berpotensi mampu dikembalian dengan cepat.

  1. Aspek Manajemen

 Dari aspek manajemen, bagaimana seharusnya studi kelayakan bisnis yang baik untuk perusahaan jasa? Operasional perusahaan berjalan dengan baik, mulai dari tahap pembangunan sampai pengembangan.

Aspek ini juga meliputi manajemen sumber daya serta keuangan perusahaan. Ada dua jenis analisa manajemen penting dilakukan, yaitu saat dibangun dan dioperasikan secara rutin.

  1. Aspek Pasar serta Pemasaran

Aspek penelitian terakhir yaitu pasar dan pemasaran. Kedua aspek ini akan menjawab pertanyaan mengenai potensi peluang produk. Berbagai hal yang dianalisa yaitu daya beli, potensi pasar, segmentasi, konsumen, kondisi persaingan bisnis dan lainnya.

Ide bisnis bisa diterapkan bila berbagai hal mengenai pasar dan pemasaran memiliki hasil positif. Kajian pasar serta pemasaran sangat penting karena berkaitan erat dengan banyak dan tidaknya masyarakat tertarik untuk membeli.

Hasil Laporan Studi Kelayakan akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis ke depannya, sehingga jangan diabaikan. Kini sudah terjawab mengenai bagaimana seharusnya studi kelayakan bisnis yang baik untuk perusahaan jasa.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *